Rectangle 3
Cara Asyik Merawat Panel Surya Agar Tetap Efisien!

Hai sobat surya! kalau kita pakai PLTS dirumah atau di lingkungan sekitar kita pasti bertanya-tanya nih, panel surya itu perlu perawatan nggak sih? cara merawat panel surya itu susah nggak sih? Nahh, penjelasannya nggak susah ya teman-teman. Hanya saja harus dibersihin secara rutin biar panel surya di rumah kita bisa berfungsi dengan baik dan masa hidupnya lama, maksudnya awet ya sobat surya. Jadi, yuk langsung aja kita simak gimana sih cara ngerawat panel surya?

Nahh, panel surya dirumah kita juga butuh perawatan ya sobat! Nggak cuma manusia yang butuh perhatian, benda-benda juga memerlukan kasih sayang. Karena panel surya diletakkan di atas bangunan atau tanah lapang, dan panel surya merupakan benda penting yang bertemu langsung dengan sinar matahari, jadi kita harus rutin nih, takutnya ada benda yang nempel di panel atau debu-debu yang lambat laun menumpuk di permukaan panel alhasil panel surya kinerjanya menurun deh! Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan buat ngerawat panel surya:

  • Bikin Jadwal Rutin

Sobat surya bisa banget nih bikin jadwal kapan waktunya bersihin panel surya. Bisa harian, mingguan, bulanan, dan bahkan tahunan. 

Nah kalau pas mau bersihin, usahakan di pagi atau sore hari ya. Karena pada siang hari panel surya lagi menyerap sinar matahari dengan maksimal. Disisi lain, kamu juga nggak kepanasan pas lagi bersihin panel surya nya. 

  • Siapkan Alat-Alat yang Akan Digunakan

Untuk alat-alat yang dibutuhin cukup sederhana ya sobat! kamu bisa beli peralatan kebersihan khusus panel surya di e-commers ataupun toko lainnya. Kalau nggak nemu, kamu bisa pake kain microfiber atau kanebo buat ngelap panel surya. Yang penting berbahan halus dan lembut agar tidak menyebabkan goresan pada panel surya. Kamu juga butuh sabun yang lembut buat bantu membersihkan panel surya. Selain itu, kamu juga perlu siapin selang air dan juga alat pelindung diri seperti safety helmet, safety gloves, dan sepatu karet biar nggak licin waktu lagi membersihkan panel surya.

Cara membersihkannya mudah! Siram air pada permukaan panel surya, lalu bersihkan panel surya pakai lap dengan air yang sudah dilarutkan sabun. Setelah dirasa sudah hilang kotoran dan debunya, bisa dibilas dengan air bersih. Lalu sobat surya bisa keringkan pakai kanebo atau kain lembut lainnya ya. Pastikan permukaan panel surya kering sempurna agar tidak timbul kerak air yang bisa ngehalangin masuknya sinar matahari ke panel surya. Selesai deh, gampang kan?

  • Periksa Keadaan Sekitar

Ini juga bakal jadi perhatian kamu, ya. Bayangan pohon atau apapun yang menghalangi pertemuannya sinar matahari sama panel surya dapat mengurangi efisiensi pengumpulan energi. Alhasil listrik yang dihasilkan PLTS sedikit deh!. Kamu bisa singkirkan benda-benda yang menghalangi itu ya!

  • Cek Inverter, Kabel, dll 

Panel surya itu seperti jantung sistem energi rumahmu. Periksa kabel dan koneksi secara rutin untuk memastikan arus listrik mengalir dengan lancar. Jika ada yang longgar atau rusak, segera perbaiki ya.

Inverter juga tidak kalah pentingnya, dia itu otak panel surya yang mengubah energi matahari menjadi listrik. Pastikan inverter berfungsi dengan baik. Jika ada masalah, segera lakukan perbaikan atau penggantian. Selain kabel dan inverter, komponen lain juga perlu di periksa apakah ada penurunan kinerja atau tidak.

Liburan Buat Panel Surya

Panel surya juga butuh liburan. Matikan listrik dari panel surya saat hujan deras atau badai petir untuk mencegah kerusakan.

  • Kasih Nama Biar Akrab

Nah, kamu juga bisa kasih nama ke panel surya mu, biar akrab dan tambah semangat deh ngerawatnya! 

  • Biaya Perawatan Panel Surya

Saat panel surya perlu dibersihkan, pilihannya simpel: nyetel sendiri atau manggil ahlinya. Kalo mau gampang, tenaga pro dari jasa pasang PLTS bisa bantu cek, bersihin, dan jaga agar PLTS-nya tetap kinclong. Jadi, bisa santai, gak perlu repot-repot cuci-cuci sendiri. Biaya perawatannya beda-beda ya sobat surya, tergantung ketentuan dari jasa layanan PLTS itu sendiri.

Dengan perawatan yang baik, panel surya akan memberikan kontribusi maksimal dalam memberikan energi bersih. Jadi, biarkan matahari menari di atapmu dan nikmati manfaatnya!